Home Drone 11 Tips Terbang Ini Jadikan Kamu Pilot Drone yang Aman dan Bijak!

11 Tips Terbang Ini Jadikan Kamu Pilot Drone yang Aman dan Bijak!

17 min read
0
0
1,130
11-tips-terbang-jadikan-pilot-drone-aman-dan-bijak

Drone merupakan produk teknologi tercanggih di masa kini, salah satunya drone pintar SOLO dari 3DR. Maka secara tidak langsung, orang yang memiliki drone dapat dikatakan keren dong, bener tidak? Tapi, salah menggunakan drone dapat membut si pemiliknya dapat kehilangan label “keren” dari dirinya, loh!

Drone kini menjadi pesawat nirawak yang serbaguna, beberapa contohnya ia dapat berguna dalam bidang fotografi, jurnalisme, dan bertani. Namun sebagian orang masih takut dengan drone karena dulunya, benda terbang ini merupakan salah satu alat yang digunakan militer untuk keperluan berperang. Dan di masa kini, beberapa orang merasa terganggu ketika ada sebuah drone dengan sebuah kamera, terbang melintasi dirinya atau “seakan” mengikuti dirinya. Hal tersebut dikatakan sudah mengganggu privasi sehingga orang yang merasa risih akan menghancurkan drone itu (baca: Untuk Menjaga Keamanan Drone, FAA akan Menghukum Penembak Drone! )

Tidak mau kan, dibilang sebagai orang jahat karena menerbangkan drone di area perumahanmu? Tidak mau kan, dianggap tidak keren padahal sedang menerbangkan salah satu produk teknologi tercanggih di tahun 2016?

Ada beberapa tips menerbangkan drone yang dapat kamu coba agar terhindar dari anggapan orang jahat, sekaligus menjadikanmu sebagai pilot drone ahli nan bersahaja. Apa saja? Simak baik-baik, ya!

Baca panduan yang ada dalam dus drone (dan berlatihlah)

Sangat disayangkan, tetapi banyak orang tidak memperdulikan kertas atau buku panduan yang disertakan produser drone dalam dus pesawatmu. Apa kamu juga sama seperti kebanyakan orang? Kalau iya, mulai dari sekarang bacalah buku panduan atau manual yang ada karena itu sangat dianjurkan, meski hanya sebentar.

jadi pilot drone yang aman dan bijak

Buku panduan tersebut juga akan memintamu untuk berlatih dahulu dengan drone-mu, memastikan bahwa kamu mengetahui apa saja kendalinya, bagaimana drone bergerak pada umumnya, dan apa yang bisa kamu lakukan untuk menerbangkannya kembali padamu saat sedang dibutuhkan. Sekalipun kamu baru atau sudah berpengalaman dengan drone, biasakan membaca buku panduan terlebih dahulu untuk penerbangan yang aman, ok?

Jangan menerbangkan drone dekat dengan bandara

Drone tidak boleh terbang dalam jangkauan radius 5 mil dari bandara di Amerika Serikat. Hal ini sudah disebutkan dalam buku panduan, dan jika kamu kesulitan mengukur radius tersebut, ada berbagai aplikasi yang dapat membantu mengukurnya untukmu. Ada juga beberap konsumen drone menggunakan software yang mencegah mereka untuk menerbangkan drone di beberapa area yang sensitif.

jadi pilot drone yang aman dan bijak

Salah satu kritik terbesar dari konsumen drone berpusat di sekitar bahaya mereka yang secara teori ada untuk pesawat berpilot komersial. Sementara ancaman ini sangat kecil, hal terakhir yang dibutuhkan industri drone adalah pengguna drone untuk hobi (pehobi drone) yang terbang terlalu dekat dengan bandara.

Jika kamu punya alasan penting untuk menerbangkan drone dalam jangakuan bandara, hubungi pihak bandara dan menara bandara lalu mintalah izin khusus dari mereka. Ingat, hanya jika kamu punya alasan tertentu ya.

Hindari menerbangan drone di atas kerumunan banyak orang

Federal Aviation Administration atau biasa dikenal FAA meminta pilot drone yang  menggunakan drone dengan tujuan hobi atau hiburan, untuk tidak menerbangkan drone di atas kerumunan banyak orang. Peraturan ini rasanya cukup wajar. Meskipun drone sangatlah canggih, selalu ada kemungkinan kesalahan mekanis dan kerusakan yang dapat menyebabkan cedera pada orang di bawahnya. Sepertinya peraturan akhir drone dari FAA, yang ditunggu pada akhir tahun ini, akan mengizinkan penerbangan di atas kerumunan orang di beberapa lingkungan. Ada beberapa alasan legitimasi pasti untuk melakukan hal tersebut—untuk pilot profesional yang sangat ahli dan tidak mabuk.

Jangan menerbangkan drone melintasi properti pribadi tanpa bertanya terlebih dahulu

Walau menerbangkan drone melintas propereti pribadi itu biasanya diperbolehkan, orang-orang sering tidak menyukai hal tersebut ketika kamu menerbangkan drone melewati properti pribadi mereka (terutama saat terbang rendah) tanpa bertanya terlebih dahulu. Terkadang, orang-orang ini sangat tidak menyukainya sehingga mereka memutuskan untuk menghancurkan drone tersebut. Dalam kasus lain, mereka sangat tidak menyukainya sehingga mereka mencoba melewati peraturan ketat anti-drone di hukum yurisdiksimu, berdampak padamu dan orang-orang yang memiliki drone. (FAA berpendapat bahwa itu memiliki otoritas pokok melewati udara dan regulasi drone, bukannya pembuat peraturan negara dan kota tapi ini sedang diperdebatkan).

Federal yang berlaku melarang semua drone untuk terbang melintasi poperti pribadi akan menjadi gangguan besar kepada banyak manfaat umum dan legitimasi penggunaan drone, seperti respon darurat dan pemetaan, penelitian lingkungan, dan survei skala besar. Tapi ketika kita sebagai industri berharap untuk menjaga pemilik rumah merasa senang dan menghindarai dorongan publlik ada larangan penerbangan melintasi properti pribadi, kita harus berkomitmen untuk meminta izin.

jadi pilot drone yang aman dan bijak

Jangan menerbangkan drone terlalu dekat dengan orang asing

Orang asing tidak mengetahui apa-apa dengan apa yang kamu lakukan dengan dronemu, dan biasanya mereka tidak peduli. Mereka baru akan memikirkan hal tersebut ketika ada sebuah drone mendadak muncul dan terbang di sekitar mereka, sementara mereka sendiri tidak melakukan sesuatu yang istimewa. Tentunya yang terjadi adalah orang asing tersebut akan merasa terganggu, dan lebih lanjut lagi dapat menghancurkan drone milikmu atau menggugat dirimu melalui jalur hukum. Tidak mau bukan?

Jangan menerbangkan drone dekat dengan lokasi bencana tanpa adanya izin dari pihak berwenang yang bersangkutan

Katakan bahwa kamu adalah seorang fotografer, atau seorang jurnalis, atau ingin mendokumentasikan sebuah kejadian bencana alam yang sedang berlangsung di dekatmu. Sebaiknya jangan menerbangkan drone jika tidak mendapat izin dari pihak berwenang, ya! Pada tahun 2015 lalu, kru penerbangan California memberi respon pada kebakaran hutan secara berulang kali karena melihat drone terbang melintas di jalur penerbangan mereka. Pesawat darurat ini harus mendarat hingga langit dikonfirmasikan aman dan bersih dari benda terbang lain, menunda respon pada kebakaran hutan dan merasa marah pada petugas negara serta masyarakat umum.

Jangan biarkan anak-anak, hewan kesayanganmu, atau orang lain mengejar drone-mu

Memang, bagi beberapa orang, atau anak-anak, atau bahkan pada hewan peliharaan, drone merupakan sebuah benda yang mengagumkan sehingga membuat mereka ingin sekali mengejarnya. Tapi ketika drone tersebut berada pada jarak yang dekat dengan tanah, lebih baik minta mereka untuk menjauhinya.

Jangan sampai, ketika drone tersebut sudah dekat dengan tanah, hewan kesayanganmu justru menangkapnya dengan gigi mereka, yang tentunya dapat membuat mereka terluka. Atau anak-anakmu yang lucu berteriak karena terkena propeller drone saat mengejarnya. Dan akhirnya, mereka jadi trauma dengan drone milikmu.

jadi pilot drone yang aman dan bijak

Lebih jauh lagi, sebaiknya jangan mencoba mengejar binatang liar dengan drone-mu. Sebab, hal ini dapat membuat binatang menjadi stres, dan tentunya bukanlah hal keren untuk dilakukan, guys!

Bertanyalah saat ingin membawa drone pada momen tertentu

Sebagai contoh, ada orang yang tidak ingin kamu membawa peliharaanmu saat datang ke pesta ulang tahunnya. Nah, maka ada pula orang yang tidak ingin kamu membawa drone saat datang ke acara mereka. Sebelum kamu menerbangkan drone-mu di acara tertentu, membuatnnya melayang ke sana-ke mari, dengan penuh percaya diri, sebaiknya tanyakan dahulu pada si pembuat acara, “bolehkah saya membawa drone dan menerbangkannya di acaramu?” Sebab jika kamu menerbangkan drone tanpa meminta izin, dan rupanya si pemilik acara tidak menyukainya, dia bisa saja marah padamu dan memintamu menghentikan kegiatanmu yang keren itu.

jadi pilot drone yang aman dan bijak

Jika ia memberimu izin, tanyalah lebih lanjut mengenai hal apa yang bisa kamu sorot dengan drone-mu, dan hal apa yang tidak boleh kamu rekam dengan drone-mu. Kalau perlu, bekerja samalah dengan panitia yang mengatur acara tersebut sehingga semua berjalan dengan lancar.

Don’t drink and drone

Ya, sama halnya dengan berkendara. Jangan mabuk dan menerbangkan drone. Perlu ditanya lagi alasannya? Karena kombinasi kedua hal itu sama sekali tidak bagus.

Jika nekat menerbangkan drone saat kesadaranmu tidak penuh akibat minuman beralkohol—atau hal lainnya yang dapat membuatmu mabuk, drone yang kamu terbangkan dapat berakhir dengan mencelakakan orang lain, mencelakakan dirimu sendiri, atau berakhir menjadi sesuatu yang konyol dan membuatmu malu seumur hidupmu. So, do not drink and drone!

Jangan mengganggu kedamaian suatu tempat/acara dengan drone-mu

Jangan sampai kamu mengganggu kedamaian suatu tempat atau acara dengan bunyi mesin drone dan pergeraka drone-mu yang melintas ke sana-ke mari. Sebab hal itu dapat mengganggu orang-orang yang sedang menikmati kedamaian tersebut. Misalnya saja, menerbangkan drone di pegunungan saat ada banyak orang yang sedang menikmati matahari terbenam dengan khidmat. Ya, beberapa orang bisa saja terganggu.

Alam sangatlah luas, dan ada banyak tempat bagimu untuk mendapatkan gambar keren tanpa perlu mengganggu banyak orang di sekitar, yang juga sedang mencoba menikmati keindahan alam yang sama. Juga, jangan bawa drone-mu ke taman nasional.

Jadilah pengguna drone yang ramah

Selain ada yang takut dengan drone, ada pula yang tertarik dengan produk teknologi keren ini. Jika kamu sedang menerbangkan drone di tempat umum dan ada beberapa orang datang menghampirimu lalu menanyakan apa yang sedang kamu lakukan, kamu harus menjawab mereka seramah mungkin dengan nada suara yang rendah hati, terutama pada mereka yang berpandangan skeptikal dengan drone.

jadi pilot drone yang aman dan bijak

Mereka yang skeptis dengan drone bukanlah musuh yang harus kamu jauhi. Biasanya, mereka tidak pernah terlibat dengan konsumen drone yang asli dan tidak pernah bertemu dengan pengguna drone yang ramah. Jika kamu didatangi oleh orang seperti ini, kamu berkesempatan untuk membuka pandangan mereka terhadap drone!

Sebagai pemilik drone untuk keperluan hobi, ingat bahwa kamu, kami, dan pengguna drone hobbyist lainnya tidak berada dalam posisi yang berkuasa. Kita adalah pengguna lebih awal teknologi yang mana bagi orang lain, mereka sendiri sedang mencari keindahan dan kecurigaan yang potensial. Aksi kita akan mendapatkan dampak besar pada opini publik mengenai drone teknologi. Ini adalah tugas kita untuk menghindari berita buruk dan kesalahpahaman apabila kita berharap untuk menjaga teknologi yang keren nan bermanfaat ini legal dan tersedia secara luas. Ikuti tips di atas, dan jadilah pengguna drone yang aman, ramah, dan menyenangkan bagi semua orang!

Sebarkan artikel ini agar semua pengguna drone dapat menjadi pilot yang aman, ramah, dan menyenangkan, sama seperti kamu!

Kini, tidak perlu takut lagi untuk menerbangkan drone, bukan? Miliki drone spesial untukmu sekarang. Cek koleksi drone 3DR di Halo Robotics, lihat spesifikasi SOLO smart drone di situs distributor resmi 3DR Indonesia, Halo Robotics!

Jangan lupa juga ikuti sosial media Halo Robotics seperti FacebookTwitterInstagram, dan Google+ untuk mendapatkan informasi teknologi terkini setiap harinya.

Load More Related Articles
Load More By Ryan Taftiyan
Load More In Drone

Check Also

Emesent Partners With Indonesia’s Halo Robotics To Bring Autonomous Drone Technology To Southeast Asia’s Largest Market

Emesent’s Advanced Laser Imaging Technology Gives Drones Autonomous Flight Capabilities, E…