Home Tech News 3 Hal Penting yang Perlu Diperhatikan dari Internet of Things

3 Hal Penting yang Perlu Diperhatikan dari Internet of Things

6 min read
0
0
1,703
3-risiko-dari-internet-of-things

Internet of Things atau IoT telah menjadi perbincangan terkini di mana saja. Kami telah membahasnya beberapa waktu lalu. Ingin mengenal terlebih dahulu tentang IoT sebelum membaca artikel ini? Silakan klik di sini.

Setelah mengenal IoT, tentunya kamu jadi ikut bersemangat untuk membicarakan hal ini dengan orang-orang di sekitarmu bukan? Kamu memiliki pendapatmu sendiri mengenai IoT, kegunaannya, masa depannya, dan sebagainya. Kamu pun memiliki pertimbangan tersendiri terhadap IoT, apakah internet of things dapat memberikan dampak baik dan memberikan perubahan yang impresif pada kehidupanmu, atau justru memberikan dampak yang tidak diinginkan?

Jika bahan pertimbanganmu belum cukup banyak, kami menemukan salah satu referensi bagus mengenai IoT. Dilansir dari Westport News, ada beberapa keuntungan dan risiko yang akan kita dapatkan dari Internet of Things.

IoT adalah usaha utuk menghubungkan jutaan perangkat milikmu. Mulai dari perangkat yang lazim seperti handphone, televisi, sampai mobil, lampu ruanganmu, pintu garasimu.

Lebih jauh lagi, perangkat yang dapat terhubung berupa lampu lalu lintas, lampu jalanan, kendaraan umum, pompa air, pengisian bahan bakar, jalan raya… ya, semuanya.

Dalam konsep IoT ini, hampir semua benda memiliki perspektif pada dunia. Seberapa sering ia digunakan, seberapa cepat ia bergerak, seberapa penuh (atau kosong) benda tersebut, dan sebagainya.

Dengan mengukur benda-benda ini, kita dapat menganalisis mereka, dan membantu kita untuk membuat pilihan yang lebih baik, serta membuat dunia menjadi tempat yang lebih pintar lagi.

Kebanyakan dari kita mungkin sudah melihat berbagai keuntungan yang diberikan IoT. Misalnya saja, ketika berkendara di jalan menggunakan aplikasi navigasi pada smartphone milikmu, aplikasi tersebut akan mengubah rute perjalananmu jika ada kemacetan lalu lintas di depanmu. Dalam keadaan ini, semua smartphone lain di depanmu sedang menyarankan kecepatan mereka pada aplikasi petanya. Inilah Internet of Things. Jika rute lain adalah lajur cepat, sistem navigasi akan menuntunmu ke lajur pelan. Mengagumkan, ya?

dengan intenet of things, semua pekerjaanmu akan jadi lebih mudah, salah satunya saat berkendara

Namun, tentunya ada risiko yang perlu dihadapi saat menjadi bagian dari IoT. Ada sejumlah isu yang muncul dalam pengumpulan data.

Banyak perangkat, banyak alamat email

Perlu kamu ketahui bahwa setiap perangkat membutuhkan alamat yang unik. Mungkin satu-dua email unik bukanlah jumlah yang memusingkan untuk diingat. Tetapi jika sudah menjadi bagian dari IoT, dengan semua benda milikmu yang terhubung ke internet, tandanya kamu perlu membuat banyak email unik. Bisakah kamu mengingat semuanya sekaligus?

Hard drive menampung terlalu banyak data

Sejumlah data yang dihasilkan oleh tiap-tiap perangkat atau benda dapat memakan memori yang besar pada hard drive. Data yang dimunculkan dari sebuah mesin single jet dapat dengan mudah mengisi hard drive laptop komputer dalam kurun waktu sejam saja. Menganalisis data—atau dari ratusan, bahkan jutaan perangkat—dapat menimbulkan masalah komputasi yang besar. Kamu akan menemui masalah pada hard drive laptop, komputer, atau smartphone mu di masa depan.

Siapa yang dapat mengakses data-data tersebut?

Ya, ini masih menjadi bahan perbincangan dari penggunaan IoT di dunia. Karena akan ada begitu banyak data yang melintas di dunia maya, tentunya akan menimbulkan pertanyaan mengenai keamanan data tersebut. Siapa yang akan mengakses data yang berjumlah terlalu besar itu?

banyaknya data pengguna perangkat yang melintas dunia maya, siapa yang akan mengaksesnya?

Lalu, mungkin muncul pertanyaan lain seperti, bagaimana jika saya tidak ingin data mengenai pribadi saya dikumpulkan? Bagaimana jika informasi pribadi tersebut mencirikan saya? Yang kemudian dapat berujung pada kekhawatiran dalam penggunaan IoT.

Namun sayangnya, masalah yang terakhir ini tidak mudah untuk diselesaikan. Namun, tentunya akan bermunculan ahli-ahli teknologi dan informasi yang berusaha untuk menyelesaikan masalah-masalah tersebut. Atau, apakah kamu punya saran terbaik terhadap masalah-masalah yang dimunculkan oleh IoT?

Ingin menjadi bagian dari IoT? Cek koleksi kami di sini yuk! Jangan lupa ikuti sosial media Halo Robotics, Facebook, Twitter, Instagram, Google+ untuk informasi teknologi menarik lainnya!

Share pendapatmu di kolom komentar ya! Untuk mengetahui informasi teknologi terkini, silakan kunjungi Halo Robotics setiap harinya. 

Load More Related Articles
Load More By Ryan Taftiyan
Load More In Tech News

Check Also

Emesent Partners With Indonesia’s Halo Robotics To Bring Autonomous Drone Technology To Southeast Asia’s Largest Market

Emesent’s Advanced Laser Imaging Technology Gives Drones Autonomous Flight Capabilities, E…