Home Camera 5 Action Cam Terbaik Sesuai Jenis Kebutuhanmu

5 Action Cam Terbaik Sesuai Jenis Kebutuhanmu

10 min read
0
0
749
5-action-cam-terbaik

Penggunaan action cam atau kamera action sudah meluas pada masyarakat umum. Kamera yang identik berbentuk mini tersebut tidak lagi hanya untuk merekam atau mengambil aksi-aksi ekstrem dan keren, tetapi sudah mulai digunakan untuk kepentingan fotografi atau videografi biasa. Entah itu untuk keperluan personal seperti selfie atau foto bersama, atau untuk keperluan komersial seperti syuting film.

Sebab tak dapat dipungkiri, kamera action memang sangat cocok untuk kebutuhan apa saja. Kualitas gambar dan rekaman yang bagus dan jernih, kemudahan berbagi data dengan WiFi dan Bluetooth, beragam fitur keren untuk mengedit gambar atau membuat rekaman time lapse, serta kemampuan canggih untuk bisa mengambil gambar dalam air. Kamera besar profesional lain belum tentu memiliki fitur atau teknologi secanggih kamera action.

Ditambah lagi bentuknya yang mini, membuat kamera action dapat diletakkan di mana saja. Variasi kedudukan yang dimiliki kamera action membuatnya dapat merekam atau mengambil gambar dari sudut yang susah dicapai oleh kamera besar lainnya. Sangat pas untuk kebutuhan syuting jika ingin mengambil sudut pandang yang berbeda dari biasanya.

berbagai aksi dapat direkam dengan action cam

Tidak mengherankan bila pada akhirnya banyak orang beralih menggunakan kamera action nan mini sebagai alat untuk mengabadikan setiap momen berharga mereka. Yaa.. walaupun rata-rata harga kamera mini ini lebih mahal dari kamera besar lainnya, kualitas yang ditawarkan tentunya sepadan dengan harga mereka.

Namun, ada begitu banyak kamera action dari beragam merk di pasaran. Tentunya akan membuat bingung ketika ingin memilih satu kamera action terbaik yang pas untuk kebutuhanmu, bukan? Salah memilih, malah berakhir dengan memiliki kamera action dengan fitur abal-abal.

Akan sangat disayangkan jika harus berakhir seperti itu. Namun jangan khawatir, kamu hanya perlu memilih kamera action terbaik sesuai kebutuhanmu—dan juga, budget-mu. Jadi, apa kebutuhanmu? Cocokan dengan daftar kamera berikut ini.

Dilansir dari Gizmodo, ada 5 kamera terbaik untuk kebutuhan yang berbeda-beda. Simak baik-baik ya!

GoPro HERO4 Silver: Untuk kamu yang suka beraksi—namun cukup dengan kualitas rekaman di bawah 4K

gopro hero4 silver, best action cam under 4k res

Ya, bagi kamu yang merasa butuh kamera action profesional—namun dengan kualitas yang  “cukup”, bagi kamu yang merasa tidak membutuhkan kualitas rekaman 4K atau 1080p120 fps, maka GoPro HERO4 Silver menjadi pilihan yang tepat untukmu.

Sebenarnya, kamera ini pun tidak bisa dibilang “cukup” atau “standar”. Sebab kualitas gambar dan rekaman yang ditawarkannya sangat bagus, hampir sama dengan GoPro HERO4 Black. Hanya bedanya, GoPro HERO4 Silver dapat merekam 1080p dengan kecepatan 60 fps atau 2.7k dengan kecepatan 30 fps. Sementara GoPro HERO4 Black menawarkan kualitas resolusi 4k dengan kecepatan 30 fps.

Tentunya, bukan hanya resolusi terbaik yang ditawarkan oleh kamera GoPro HERO4 Silver ini. Terdapat berbagai macam fitur editing foto dan video yang dapat memaksimalkan hasil gambarmu agar sesuai dengan kebutuhanmu (atau keinginanmu!)

Juga dilengkapi dengan teknologi tercanggih di kelasnya, seperti WiFi, Bluetooth, kemampuan rekaman audio yang jernih, serta waterproof sehingga dapat dibawa menyelam sedalam 40 meter. Tambahannya, kamera GoPro HERO4 Silver memiliki layar sentuh yang memberikanmu kemudahan dalam mengedit foto dan video.

Jadi, GoPro HERO4 Silver memang sangat “cukup” untuk kamu, ya!

Ingin punya? Beli di sini

Sony Action Cam AS100V: Untuk kamu yang butuh audio terbaik

Sony action cam as100v best action cam for audio

Jika butuh kamera action yang dapat menangkap suara jernih, mungkin kamu perlu mempertimbangkan kamera Sony ini.

Kualitas gambar Sony memang masih kalah dari GoPro HERO4 Silver. Kamera ini pun tidak memiliki banyak mode untuk mengambil atau merekam gambar. Tapi jangan ragukan kualitas audionya. Saat memutar ulang rekaman, kamu akan takjub saat mendengar kejernihan suara-suara kecil yang tertangkap kamera action ini.

Meski hanya unggul dalam kualitas audio, tidak membuat kamera keluaran Sony ini memiliki harga yang tinggi. Sony AS100V cukup terjangkau bila dibandingkan dengan kamera GoPro HERO4 Silver. Dapat menjadi pilihan yang tepat untuk kamu dengan budget terbatas.

Replay XD Prime X: Untuk kamu yang ingin kamera action sangaaat… kecil

replay xd prime x, mini action cam

Sangat kecil? Ya, kamera keluaran Replay XD ini berbentuk tabung mini dengan panjang kurang dari 4 inchi, dan diameter 1 inchi. Namun, ukurannya yang kecil menyembunyikan berbagai fitur yang menarik dan cukup mengagumkan.

Kamera ini memiliki berbagai mode untuk pengambilan gambar, dengan resolusi 1080p pada 60fps dan 720p pada 120fps. Dilengkapi WiFi dan aplikasi iOS/Android dan kemampuan waterproof hingga kedalaman 3 meter, kamera ini tidak bisa dilewatkan begitu saja.

Resolusi gambarnya masih jauh dari GoPro, namun bersaing dengan kamera Sony yang disebutkan di atas. Tapi jika kamu butuh kamera action yang kecil, terjangkau, namun bisa melakukan semuanya, kamera Replay XD Prime X dapat menjadi incaran kamu.

Kamera GoPro HERO: Action Cam yang pas untuk budget yang terbatas

best action cam for best prices, gopro hero

Budget benar-benar terbatas? GoPro HERO bisa menjadi pertimbangan yang baik. Meskipun tidak memiliki frame rate yang tinggi, serta resolusi gambar yang standar untuk kelas action cam, kualitas gambarnya cukup baik untuk memuaskan kebutuhanmu dalam hal fotografi dan videografi. Yaa.. untuk selfie atau foto bersama masih oke kok!

Kamera GoPro HERO4 Black: Terbaik di semua kelas!

Best of the best action cam, gopro hero4 black

Tidak bisa dipungkiri, memang kamera GoPro tetap menjadi yang terbaik di kelas action cam. Baik itu untuk keperluan personal maupun komersil, untuk merekam aksi ekstrem atau sekadar selfie, kamera GoPro HERO4 Black sangat cocok untuk segala kebutuhanmu.

Teknologi dan fitur yang dimiliki GoPro HERO4 Black sama dengan HERO4 Silver. Hanya saja HERO4 Black memiliki kualitas rekaman 4k dengan kecepatan 30 fps, kualitas rekaman terbaru dan terbaik yang belum dimiliki semua orang. Sangat cocok untuk kamu yang ingin membuat film dokumenter atau syuting keperluan komersil. Rekaman standarnya pun berada pada 1080p pada 120fps, benar-benar bisa memanjakan matamu dan memuaskan kebutuhanmu dalam gal fotografi atau videografi.

Sayangnya, kamera GoPro HERO4 Black tidak memiliki layar sentuh yang terpasang pada bagian belakang kamera, seperti milik HERO4 Silver. Namun hal tersebut bukan menjadi masalah besar bukan? Dengan fitur gambar dan rekaman yang berlimpah, dilengkapi dengan teknologi paling canggih, GoPro HERO4 Black merupakan pilihan tepat untuk kamu yang ingin kamera action terbaik di kelasnya.

Kamu dapat memilikinya dengan membeli di sini.

Kamera action manakah yang terbaik dan sesuai dengan kebutuhanmu?

Load More Related Articles
Load More By Ryan Taftiyan
Load More In Camera

Check Also

Emesent Partners With Indonesia’s Halo Robotics To Bring Autonomous Drone Technology To Southeast Asia’s Largest Market

Emesent’s Advanced Laser Imaging Technology Gives Drones Autonomous Flight Capabilities, E…