Home Camera Drone Untuk Keamanan Pekerjaan : Menjaga Pekerja Aman dengan Menjelajahi Tambang Secara Otomatis

Drone Untuk Keamanan Pekerjaan : Menjaga Pekerja Aman dengan Menjelajahi Tambang Secara Otomatis

5 min read
0
0
151

Penambangan telah lama dikenal sebagai salah satu profesi paling berbahaya di dunia. Jauh di bawah tanah, para pekerja bisa menjadi korban banjir, atau kebocoran asap beracun di dalam Goa Pertambangan. Suatu ketika tim penambangan akan membawa burung kenari untuk bertindak sebagai tanda peringatan dini untuk uap yang berpotensi mematikan. Saat ini industri pertambangan memiliki teman terbang baru yang membantu membuat pekerjaan lebih aman.

Saat ini kita terbiasa melihat drone di udara, tetapi semakin hari teknologi ini digunakan untuk membantu mengeksplorasi, memetakan dan memeriksa poros tambang di bawah tanah juga. Emesent, sebuah startup teknologi Australia, telah menciptakan solusi yang disebut Hovermap yang memungkinkan drone untuk menavigasi secara mandiri melalui ruang yang sempit dan gelap, bahkan ketika tidak ada GPS tersedia tetap dapat digunakan. Teknologi ini menggunakan LiDAR untuk merasakan dan memetakan dunia di sekitarnya, menciptakan model 3D yang kaya data yang nantinya dapat digunakan untuk melacak integritas struktural dari area-area ini.

“Hovermap memungkinkan industri pertambangan untuk secara aman memeriksa area-area yang tidak dapat diakses dari tambang bawah tanah, sambil meningkatkan jenis dan kualitas data yang dikumpulkan untuk membuka wawasan baru,” kata Dr. Stefan Hrabar, salah satu pendiri dan CEO Emesent. “Ini termasuk rekonsiliasi lombong untuk memeriksa apakah ledakan berjalan sesuai rencana dan untuk menghitung volume lombong. Cloud titik 3D yang dihasilkan Hovermap memiliki banyak detail sehingga dapat juga digunakan untuk mendeteksi struktur geologis seperti bidang fraktur. ”Pesawat fraktur ini adalah titik kelemahan yang sulit dideteksi dengan mata telanjang, tetapi cenderung keruntuhan yang berbahaya. “Pemindaian kami memberikan insinyur geoteknis pemahaman yang lebih baik tentang kondisi batuan di bawah tanah, memungkinkan mereka untuk meningkatkan keselamatan operasi penambangan dengan merancang dukungan tanah yang tepat.”

Saat dipasang ke drone yang kompatibel, Hovermap menggunakan data dari sensor LiDAR untuk mengaktifkan pemetaan dan fungsi otonomi lanjutan. Teknologi yang memungkinkan ini adalah lokalisasi dan pemetaan simultan (SLAM). SLAM memungkinkan drone untuk menavigasi dan memetakan ruang pada saat yang sama, sambil menghindari tabrakan, bahkan jika tidak ada informasi yang sudah ada sebelumnya tentang ruang itu. “Drone otonom yang diaktifkan Hovermap bisa mendapatkan hasil pemetaan berkualitas tinggi di area berbahaya dan kompleks, sambil memastikan bahwa ia tidak pernah kehilangan kesadaran akan lokasinya atau kemampuannya untuk menemukan jalan keluar dengan aman,” kata Hrabar.

Teknologi inti yang memperkuat Hovermap pada awalnya dikembangkan oleh para pendiri perusahaan ketika mereka bekerja dengan Organisasi Riset Ilmiah dan Industri Persemakmuran Australia, atau singkatnya CSIRO. Tim CSIRO dan Emesent bersama baru-baru ini dipilih untuk berpartisipasi dalam Tantangan Subterranean Defense Project Advanced Agency (DARPA) baru AS, yang bertujuan mengembangkan teknologi inovatif untuk memetakan, menavigasi, dan mencari lingkungan bawah tanah dengan cepat. Itu adalah Tantangan Besar DARPA 2004 yang membantu kelahiran industri mobil mandiri saat ini dan merintis penggunaan LiDAR untuk navigasi otonom. Tujuan dari tantangan baru ini adalah untuk menemukan alat dan teknik baru yang dapat digunakan oleh responden darurat yang bekerja dalam situasi bawah tanah. Tim yang menang dapat memberikan dorongan untuk upaya kemanusiaan, dan juga membawa pulang hadiah $ 2 juta.

sumber : DJI

Semoga sedikit informasi diatas bisa bermanfaat bagi anda dan untuk informasi selengkapnya bisa menghubungi kami:

WA : +62 811 8549 888 | Telp : +62 21 7699 123

www.halorobotics.co.id

Load More Related Articles
Load More By Ryan Taftiyan
Load More In Camera

Check Also

Emesent Partners With Indonesia’s Halo Robotics To Bring Autonomous Drone Technology To Southeast Asia’s Largest Market

Emesent’s Advanced Laser Imaging Technology Gives Drones Autonomous Flight Capabilities, E…