Home Wearables Menonton PON XIX Jabar dengan VR, Seperti Apa Ya Rasanya?

Menonton PON XIX Jabar dengan VR, Seperti Apa Ya Rasanya?

8 min read
0
0
447
Tonton PON Jabar dengan VR

Teknologi virtual reality atau VR membawa cara baru dalam bermain dan berwisata. Dengan wearable ini, setiap orang dapat menikmati permainan yang seru atau menegangkan secara nyata. Siapa pun, di mana pun, kini dapat menjelajah tempat yang sangat jauh tanpa perlu meninggalkan rumah mereka.

Kehadiran VR juga memberikan sensasi baru dalam menonton suatu acara. Cukup dengan mengenakan headset vr dan duduk santai di mana pun, kamu sudah bisa menonton acara konser favoritmu secara nyata, atau mungkin menonton pertandingan olahraga seperti berada di stadion aslinya. Salah satunya, menonton atlet daerahmu yang sedang bertanding di Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX Jabar, Indonesia.

menonton-dengan-vr

Saat ini, Provinsi Jawa Barat sedang mengadakan PON yang ke-XIX di Bandung. Semua atlet unggulan di Jabar datang dan berkompetisi untuk membuat bangga daerah tempat tinggalnya. Tentunya, tidak luput juga pendukung mereka ikut datang untuk memberikan dukungan dan semangat bagi para atlet. Ada juga yang datang untuk sekadar menonton dan merasakan kobaran semangat para atlet.

Tapi, tidak semua orang bisa datang untuk menonton langsung di dalam stadion-stadion tempat digelarnya pertandingan. Berbagai alasan menahan mereka, seperti karena sedang bekerja, bersekolah, dan jarak arena pertandingan yang jauh dari rumah.

Namun berkat kehadiran teknologi ini, sekarang semua orang bisa menonton PON XIX Jabar dengan vr dari mana saja!

Menonton PON XIX Jabar dengan VR

Inovasi ini dibawa oleh Telkom, dari Divisi Digital Service (DDS). Perusahaan tersebut merilis aplikasi virtual reality yang dapat memberikan tayangan langsung situasi pertandingan PON di sejumlah daerah. Dan untuk bisa menonton pertandingan via aplikasi ini, tentunya kamu harus memiliki headset VR mobile.

menonton-olahraga-dengan-vr

Apa bedanya dengan menonton pertandingan di televisi? Oh, jelas beda dong! Kalau menonton pertandingan di tv, kamu hanya menyaksikan pertandingan dengan suasana di rumah. Suasana yang kamu lihat terbatas, tergantung pada scene yang dipilih pihak tv untuk ditayangkan pada layar televisimu.

Sementara menonton PON XIX Jabar dengan VR, kamu bisa menyaksikan pertandingan olahraga seperti kamu duduk di stadion bersama penonton lainnya. Kamu bahkan bisa menengok ke arah mana pun, dan semuanya sesuai seperti aslinya, real time. Bahkan ketika kamu berjalan, seakan kamu bergerak di stadion tersebut. Padahal, kamu sedang berada di tempat lain.

Menyusuri Arena Pertandingan Secara Virtual

Menurut Arief Musta’in, Executive General DDS Telkom, aplikasi VR ini memungkinkan masyarakat Indonesia di mana pun dapat melihat sebagian besar arena pertandingan PON dengan konsep foto 360. Jadi, bagaimana cara kerjanya?

Saat masuk aplikasi, kamu akan menemukan menu yang menampilkan suasana stadion. Jika ingin masuk stadion, dongakkan sedikit kepalamu agar bisa mendekat ke pintu stadion. Saat sudah dekat, muncul notifikasi, contohnya Pintu Tribun Utara.

Masuk GBLA dengan VR

Klik notifikasi tersebut, dan aka nada gerakan mengikuti alur yang dibuat oleh Tim DDS Telkom. Alur ini sama seperti kita berjalan menyusuri lorong di stadion. Berbagai macam benda yang ada dalam lorong tersebut dapat kamu lihat melalui aplikasi VR ini.

Sampai akhirnya kamu berada di kursi penonton. Cukup gerakkan kepalamu ke segala arah, kamu bisa menyaksikan suasana stadion seperti aslinya.

Hal menyenangkan yang bisa didapatkan dengan aplikasi vr ini, kamu bisa masuk ke arena lapangan sepakbola! Kegiatan ini tidak bisa kamu lakukan di dunia nyata, tapi dengan VR semua jadi bisa. Meski mungkin tekstur rumput atau lapangannya tidak benar-benar kamu rasakan, setidaknya kamu sudah pernah berjalan di lapangan stadionnya.

Ketika kamu sudah merasa cukup bersenang-senang dan ingin pulang, aplikasi kembali memberikan panduan keluar stadion. Panduan datang dan pulang di stadion ini dapat membantumu ketika datang secara langsung ke tempat aslinya.

Kamu bisa merasakan suasana stadion GBLA dan Si Jalak Harupat, juga arena lain seperti GOR Citra Arena. Namun sayangnya, masyarakat Indonesia tidak bisa menonton secara virtual saat pertandingan berjalan karena tertahan lisensi siaran milik mitra resmi PON.

Aplikasi VR untuk PON XIX Jabar Gratis

Bagaimana? Seru kan? Ternyata kecanggihan VR tidak hanya dapat dirasakan di luar negeri saja. Di Indonesia, sudah ada pihak-pihak yang melakukan inovasi dengan teknologi VR.

Ingin menonton PON XIX Jabar dengan VR? Kamu perlu memiliki headset VR dan aplikasi VR dari Telkom ini. Kamu bisa membeli VR jenis mobile yang kompatibel dengan smartphone-mu. Sementara aplikasi VR ini dapat kamu unduh di Google Play Store atau App Store.

aplikasi VR untuk PON Jabar

“Kami berikan aplikasi ini gratis. Masyarakat hanya cukup mengunduh aplikasi VR dengan tulisan PON2016 Virtual Reality. Lalu, siapkan sendiri kacamata VR. Setelah itu, sebagian arena bisa kita nikmati dengan cuma-Cuma,” ujar Arief Musta’in.

Aplikasi ini akan muncul di Google Play Store dan App Store selama dua minggu-an, sampai pekan olahraga berakhir. Selama itu pula, aplikasi ini akan bersifat nonkomersial.

Tertarik mencoba aplikasi VR buatan negeri? Coba yuk, sembari berjalan-jalan di arena pertandingan PON!

Load More Related Articles
Load More By Ryan Taftiyan
Load More In Wearables

Check Also

Emesent Partners With Indonesia’s Halo Robotics To Bring Autonomous Drone Technology To Southeast Asia’s Largest Market

Emesent’s Advanced Laser Imaging Technology Gives Drones Autonomous Flight Capabilities, E…