Home Drone Perbedaan DJI Spark Fly More Combo Dengan Solo: Mana yang Lebih Baik?

Perbedaan DJI Spark Fly More Combo Dengan Solo: Mana yang Lebih Baik?

5 min read
0
0
7,484

Para penggemar drone rasanya sudah tak asing lagi dengan DJI Spark Fly More Combo atau pun dengan DJI Spark Solo. Atau sering juga disebut dengan DJI Spark Non Combo. Namun sebenarnya, apa yang menjadi pembeda dari kedua seri ini? Mungkin Anda yang sering mendengarnya justru berpikir kedua seri tersebut sama saja. Padahal memang, terdapat perbedaan besar antara seri Spark Fly More Combo dengan Spark Solo. Perbedaan yang mungkin sudah diketahui oleh banyak pengguna namun.. banyak juga yang justru salah menduga dengan persamaan antara satu dengan lainnya.

Perbedaan mendasar antara Spark Solo atau non combo dengan Spark Fly More Combo terletak pada perlengkapan atau aksesoris apa yang diberikan. Serta tentunya pada harga dari keduanya. Spark Fly More Combo memiliki lebih banyak aksesoris yang diberikan. Serta satu lagi, remote control terpisah. Adanya remote control ini sangat membantu untuk mengatasi salah satu masalah terbesar dan paling mengesalkan pada DJI Spark: sulit untuk dinavigasi. Sayangnya, untuk mengatasi masalah tersebut, DJI justru mengharuskan pengguna untuk membeli paket terpisah di dalam Spark Fly More Combo ini. Curang dan mengesalkan? Di satu sisi betul.

Namun di sisi lain, untuk pengguna yang sudah lebih terbiasa menavigasi AUV melalui layar smartphone, bisa mendapatkan SJI Spark Non Combo tanpa adanya remote control (dan beberapa aksesoris tambahan yang juga bisa didapatkan terpisah nantinya) akan jauh lebih menguntungkan. Jadi untuk jenis pengguna ini, adanya DJI Spark Fly More Combo yang terpisah justru menjadi trik untuk menghemat budget membeli drone idaman.

Sebelum membahas lebih jauh, sebaiknya mengenali dulu apa saja yang menjadi perbedaan dari kedua seri DJI Spark ini. Apakah DJI Spark Fly More Combo yang lebih baik karena lebih lengkap. Atau malah justru seri Spark Non Combo yang seharusnya mendapatkan perhatian lebih. Di bawah ini akan coba kami jabarkan perbedaan dari keduanya sehingga nantinya, bisa dilihat mana yang lebih baik. Meskipun tentu saja, pada akhirnya yang lebih baik akan sesuai dengan kebutuhan. Seperti yang diungkap di atas.

DJI memiliki beberapa seri berbeda untuk drone mereka. Biasanya masing-masing seri dirilis untuk melengkapi atau pun menyempurnakan dari sebelumnya yang ada. DJI Spark Solo misalnya. Seri ini memiliki kelebihan harga yang terjangkau dengan fitur dan teknologi cukup lengkap. Ukurannya yang mungil dan compact menjadi keunggulan sendiri. Pengguna bisa memasukan DJI Spark ke dalam saku dan kemudian menerbangkan AUV tersebut di lokasi yang diinginkan. Mudah.

Salah satu kemudahan tersebut, berkat tak adanya remote control. Pengguna hanya perlu menggunakan smartphone mereka untuk menavigasi DJI Spark. Untuk memudahkan kerjanya, terdapat fitur Tap To Fly serta Quick Shot yang menjadikan proses terbang drone sangat mudah.

Di sisi lain di balik semua kemudahan dan juga keunggulan tersebut, ada satu kekurangan: sulit untuk dinavigasi. Untuk itu, DJI lantas menghadirkan seri DJI Spark Fly More Combo yang hadir dengan remote control. Selain itu juga terdapat beberapa fitur tambahan aksesoris lain, yang menambah keamanan dari drone tersebut.

Harga yang diberikan untuk Spark Fly More Combo pun beberapa kali lipat lebih mahal. Bila versi Spark Solo dibanderol dengan Rp 6 jutaan, maka untuk Spark Fly More Combo diberikan dengan banderol harga Rp 10 jutaan. Mahal? Namun tentu saja akan sangat layak bagi pemula yang masih sulit menavigasi drone mereka.

Load More Related Articles
Load More By Ryan Taftiyan
Load More In Drone

Check Also

Emesent Partners With Indonesia’s Halo Robotics To Bring Autonomous Drone Technology To Southeast Asia’s Largest Market

Emesent’s Advanced Laser Imaging Technology Gives Drones Autonomous Flight Capabilities, E…