Home Case Study Kenapa Perusahaan Minyak dan Gas Harus Berinvestasi dengan sebuah Drone?

Kenapa Perusahaan Minyak dan Gas Harus Berinvestasi dengan sebuah Drone?

6 min read
0
0
81

4 Alasan Kenapa Perusahaan Minyak dan Gas Harus Berinvestasi dengan sebuah Drone.
Drone memberikan solusi praktis dan ekonomis untuk operasi hulu, tengah dan hilir, di postingan ini, kami melihat sebuah dampak dari drone terhadap operasional — dan mengapa sekarang saatnya anda mempertimbangkan untuk berinvestasi dalam program drone

Drone memberikan banyak manfaat bagi perusahaan O&G, termasuk penghematan biaya, komunikasi yang lebih baik, lingkungan kerja yang lebih aman, dan data yang lebih akurat. Baca terus untuk menjelajahi cara-cara kunci drone dapat mengubah alur kerja Anda.

Mitra E&P Bruin menggunakan drone untuk meningkatkan inspeksi sumur minyak.

1. Inspeksi Hemat Biaya

Memeriksa infrastruktur O&G dan mengumpulkan data penting menggunakan drone harganya jauh lebih murah daripada menggunakan metode inspeksi tradisional. Drone adalah burung yang Tangguh dan dapat menahan suhu yang keras dan kondisi lainnya. Mereka lebih dekat ke infrastruktur daripada helikopter atau pesawat terbang, memberikan visual dan data yang lebih baik. Drone juga meminimalisirkan waktu henti dengan menghindari keharusan untuk menutup operasional untuk inspeksi dan dengan mengetahui kebocoran dan masalah pemeliharaan lainnya lebih awal, sehingga menurunkan biaya perbaikan.

Drone memungkinkan karyawan untuk melakukan tugas-tugas inspeksi dan pemantauan tanpa memaparkan diri mereka terhadap bahaya dalam operasi O&G. Yang berakibat, hilangnya jam kerja karena penurunan cedera, biaya medis dan biaya asuransi yang menyusut, dan jumlah acara di tempat kerja yang dilaporkan ke OSHA & badan pengatur lainnya menyusut.

2. Lingkungan Kerja Yang Lebih Aman

Inspeksi infrastruktur secara manual seringkali berbahaya. Misalnya, inspektur di sumur dan rig lepas pantai harus memanjat naik dan turun tangga di sepanjang catwalk, bahkan menggunakan crane atau harness dan peralatan rappelling untuk mencapai peralatan. Inspektur terkadang harus bekerja dekat dengan bahan kimia berbahaya dan mesin berbahaya.

Drone melakukan pekerjaan inspeksi tanpa membahayakan keselamatan karyawan. Mereka sangat berguna untuk inspeksi setelah terjadinya ledakan atau bencana alam yang apabila mengirim Kru ketempat kejadian tersebut mungkin sulit, biaya yang mahal atau tidak aman.

3. Lebih Baik, Lebih Banyak Data Yang Akurat

Drone menyediakan platform yang fleksibel untuk berbagai macam kamera dan sensor. Mereka dapat mengumpulkan data yang diperlukan dalam situasi yang dibutuhkan dengan solusi waktu yang nyata atau menyimpan data untuk analisis selanjutnya. Bisnis dapat dengan mudah mengintegrasikan informasi pemetaan digital dan data lainnya dari penerbangan drone ke dalam solusi analitis dan AI untuk pemrosesan lanjutan. Misalnya, solusi perangkat lunak menggunakan data topografi dan geologi yang dikumpulkan oleh drone untuk membuat model yang membantu mengidentifikasi situs bor minyak dan gas yang menjanjikan.

Tidak hanya drone yang mengumpulkan informasi lebih efisien daripada inspektur manusia, data digital memungkinkan karyawan untuk membuat sebuah keputusan yang lebih baik dan digerakkan oleh data. Ini secara drastis mengurangi waktu henti, menangkap sebuah konflik dan masalah yang lebih cepat, lalu membantu menjaga operasi Anda berjalan seperti mesin yang diminyaki pelumas dengan baik.

4. Keunggulan Dalam Komunikasi

Bagian kecil dari pekerjaan minyak dan gas yang seringkali mengharuskan operator untuk berkomunikasi dengan pekerja di lokasi di seluruh dunia. Ini dapat menghadirkan tantangan bagi Staff yang bekerja dari kantor pusat dengan staff di lapangan. Tetapi drone dapat membuat segalanya lebih mudah. Pekerja di lapangan dapat menerbangkan drone di situs mereka dan mengunggah data hasil ke cloud yakni tempat staff back office dapat meninjau dan mengkordinasikan pemeriksaan lebih lanjut atau tindak lanjut – semua hal tersebut tanpa meninggalkan kursi meja. Menggunakan perangkat lunak seperti Drone Deploy memudahkan staff back office dalam menandai peta atau menjatuhkan anotasi secara real time sehingga inspektur dapat memeriksa titik-titik tekanan, kebocoran, atau masalah potensial lainnya.


Semoga sedikit informasi diatas bisa bermanfaat bagi pembaca

Apabilamenemukan trouble ataupun error pada DJI drone / Drone Deploy -mu jangan ragu untuk menghubungi Halo Robotics Service Center, kami siap membantu 🙂


Service Drone di Halo Robotics ?
WhatsApp : +62 811 8549 888 | Telp : +62 21 7699 123
www.halorobotics.co.id


Jangan lupa follow Instagram, FB Fanpage & Twitter @halorobotics

Load More Related Articles
Load More By Ryan Taftiyan
Load More In Case Study

Check Also

DJI Meluncurkan ‘Solusi Drone Paling Aman Hingga Saat Ini’

Dikutip dari : https://www.commercialdroneprofessional.com DJI telah meluncurkan solusi dr…