Home Camera Solusi Pencitraan Termal Pada Drone Dengan harga Yang Terjangkau

Solusi Pencitraan Termal Pada Drone Dengan harga Yang Terjangkau

4 min read
0
0
162

DJI’s kemitraan dengan FLIR Systems, produsen pencitraan termal komersial terbesar di dunia, berarti bahwa Anda sekarang dapat memperoleh UAS dengan kamera termal terintegrasi penuh dengan harga yang jauh lebih murah

Solusi Resolusi

Mari kita mulai dengan memahami mengapa semua kamera termal memiliki resolusi yang sangat rendah dibandingkan dengan kamera biasa. Meskipun 640 × 512 secara signifikan lebih banyak piksel daripada 160 × 120, mereka berdua sangat kecil dibandingkan dengan 3840 × 2160 piksel yang ditawarkan oleh kamera 4K yang standar pada drone dan ponsel saat ini.

Dua gambar Mavic DJI ini ditangkap menggunakan kamera termal pada resolusi yang berbeda. Foto ini adalah gambar 160 × 120 yang diambil menggunakan inti kamera Lepton yang sama dengan DJI M2ED.
Pada Foto ini ditangkap menggunakan Tau2 core 640 × 512, yang setara dengan DJI ZenMuse XT2.

Untuk memahami alasannya, kita perlu meninjau kembali fisika disaat SMA. Alasan merah, kuning, hijau, biru, dan ungu terlihat berbeda bagi kita adalah panjang gelombang gelombang yang mengenai kerucut pada retina kita. Alasan mengapa kita tidak dapat melihat sinar inframerah atau ultraviolet dengan mata kita sendiri adalah karena panjang gelombangnya terlalu panjang dan terlalu pendek.

Belum Cukup?

Apakah $ 2,700 M2ED (DJI Mavic 2 Enterprise Dual) cukup untuk menyelesaikan misi Anda atau Anda harus menghabiskan $ 17.600 untuk DJI Mavic 200s dengan Kamera Termal Zenmuse. Seperti yang dapat Anda lihat di gambar pada postingan ini, perbedaan kualitasnya sangat besar, tetapi Anda tidak akan menghabiskan ribuan dolar untuk drone dengan kamera termal karena Anda ingin melihat gambar yang cantik.

Anda perlu memutuskan apakah akan memberikan informasi yang Anda butuhkan untuk situasi khusus Anda. Untuk membantu Anda memilih, saya ingin menyarankan paradigma ini: Kamera termal resolusi rendah baik untuk memberi tahu Anda apakah ada sesuatu atau tidak, sedangkan kamera resolusi tinggi memiliki peluang yang lebih baik untuk memberi tahu Anda apa itu.

Sebagai contoh, katakanlah Anda adalah responden pertama yang telah melihat adegan tabrakan mobil di sepanjang jalan yang tertutup asap akibat tabrakan maupun situasi dimana pengendara maupun penumpang tidak terlihat oleh kasat mata. Jika ada yang selamat, Anda harus menemukan orang tersebut dengan cepat sebelum mereka meninggal karena luka atau hipotermia.

Sensor resolusi rendah, seperti yang dimasukkan ke dalam M2ED, akan membantu Anda menemukan target termal yakni manusia yang hidup, tetapi itu tidak akan memberi tahu Anda banyak hal lain seperti apakah orang itu pendek atau tinggi? Bagaimana cara berpakaiannya? Pada saat itu, detail-detail itu tidak relevan. Satu-satunya pertanyaan yang benar-benar penting adalah di mana orang itu berada.

Semoga sedikit informasi diatas bisa bermanfaat bagi pembaca

Apabila menemukan trouble ataupun error pada DJI drone-mu jangan ragu untuk menghubungi Halo Robotics Service Center, kami siap membantu


Service Drone di Halo Robotics ?
WhatsApp : +62 811 8549 888 | Telp : +62 21 7699 123
www.halorobotics.co.id

Load More Related Articles
Load More By Ryan Taftiyan
Load More In Camera

Check Also

Emesent Partners With Indonesia’s Halo Robotics To Bring Autonomous Drone Technology To Southeast Asia’s Largest Market

Emesent’s Advanced Laser Imaging Technology Gives Drones Autonomous Flight Capabilities, E…